Jumat, 21 Juni 2013

0 Alat Input

Date: Jumat, 21 Juni 2013 05.32
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
ALAT INPUT
Alat input atau alat device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer . data itulah yang selanjutnya akan di proses . di dalam perangkat ini terdapat sinyal input maupun sinyal maintenance . sinyal input berupa dat data , baik yang berupa huruf , angka , gambar , maupun suara yang dimasukan ke dalam komputer . sinyal maintenance berupa program untuk mengolah data yang dimasukan  . dengandemikian , alat input berfungsi nutuk memasukan data dan memasukan program berikut ini contoh contoh alat input .
A . keyboard
Keybord adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf , tombol angka , tombol karakter khusus , dan tombol kunci . keyboard merupakan alat input pertama dalam sistem komputer karena hampir semua instruksi komputer dapat kita inputkan memalui keyboard . ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui , antara lain keyboard 83 tombol , 101 tombol , 102 tombol , 104 tombol ,109 tombol . keyboard terbagi atas 4 bagian , yaitu :
a.       Keyboard serial
b.      Keyboard PS 2
c.       Keyboard wireless
d.      Keyboard USB
B . mouse
Mouse sangat penting perananya dalam sistem komputer yang berbasis GUI ( Griphical User Interface ) , antar muka yang terdapat pada sebagian besar komputer masa ini . mouse digunakan sebagai alat untuk menunjukan dan menjalankan perintah pada menu menu yang tampak di layar monitor . alat ini memiliki 2 tombol klik dan 1 tombol scroll . tombol kiri biasanya digunakan untuk tombol perintah , sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut . tombol scroll digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat berpindah halaman dengan cepat .
C. Scanner
scanner adalah alt untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar . foto , atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer .
D. kamera video dan kamera foto

Kamera video atau yang sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film . camcorder termasuk alat input . hasil rekaman dapat di trasfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus . hasilnya kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD . sebagian besar kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital . kamera digital lebih mudah digunakan karena tidak menggunakan kertas film . pengguna dapat mengambil gambar sebanyak banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus . di samping itu , file foto digital lebih mudah dipindah dan diolah menggunakan komputer .

Artikel Terkait :



Posting Komentar